Dormitory Life – Asrama Mahasiswa ITS

Hello!! I’m back with not fictional story! But a real one ehehe ‘-‘

Jadi, 2 tahun hidup merantau di Surabaya ini aku tinggal di Asrama. Yup, Asrama Mahasiswa ITS! Cek info ini dulu yaaa

Jadi sewaktu aku sudah keterima di ITS aku bingung banget tuh mau nge-kos dimana karena aku engga ada keluarga yang menetap di Surabaya. Waktu verifikasi raport dan tes kesehatan aku lewat Asrama Mahasiswa ITS yang memang lokasinya di dalem kampus dan Ayah otomatis langsung menyarankan buat tinggal di sana. Bagi para orangtua mungkin keamanan anak sewaktu tinggal jauh adalah yang utama.

Pendaftaran Asrama Mahasiswa ITS dilakukan sekitar bulan Juli, sewaktu pendaftaran ulang mahasiswa baru jalur Mandiri. Sehingga semua mahasiswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk daftar, jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun Mandiri. Ada kuotanya masing-masing jangan khawatir 🙂

Saat ini ada sekitar 9 gedung dengan jenis kamar bermacam-macam sebagai berikut:

  1. Gedung Putri
    • Gedung A, B, C dan D : 1 kamar 4 orang, 1 kamar 2 orang, 1 kamar 1 orang. Semua kamar mandi luar.
    • Gedung H dan J : 1 kamar 2 orang kamar mandi dalam
  2. Gedung Putra
    • Gedung E : 1 kamar 4 orang, 1 kamar 2 orang, 1 kamar 1 orang. Semua kamar mandi luar
    • Gedung G dan I : 1 kamar 2 orang kamar mandi dalam

PENDAFTARAN

Waktu itu aku mendaftar di Gedung H lantai 2. Namun karena pendaftaran menggunakan sistem prioritas dimana mahasiswa/i bidikmisi, luar pulau jawa dan luar jawa timur akan diterima terlebih dahulu, jadi perlu menunggu sekitar seminggu untuk menerima konfirmasi penerimaan. Waktu itu sempat ditelfon pihak Asrama karena kamar yang kupilih sudah penuh. Jadinya, aku pindah ke lantai 3. Tepatnya di kamar H-322.

PENDAFTARARAN ULANG

Sewaktu daftar ulang itu kamu juga bisa langsung pindah ke kamarmu. Sudah ada pengumuman kok nantinya apa saja yang harus dibawa, antara lain uang deposit yang berbeda untuk setiap jenis kamar dan materai. Jangan khawatir kalau lupa membawa materai, biasnya kantor asrama menyediakannya kok.

FASILITAS

  1. Kamar
    • Kamar di twin block (Gedung G, H, I dan J) memiliki fasilitas lebih dari segi luas kamar, fyi kalian engga akan dapat kamar seluas itu dengan harga yang terbilang cukup murah. Kalaupun ada, fasilitasnya engga maksimal, mungkin kasurnya yang engga spingbed dll. 1 kamar ada 5 lampu penerangan antara lain 1 lampu otomatis di tengah kamar yang menyala jam 5 sore sampe jam 5 pagi, 1 lampu di dekat pintu masuk, 1 lampu di atas meja belajar, 1 lampu di atas meja belajar satunya dan 1 lampu kamar mandi. Kalau yang di single block kurang tahu sih, cuman engga terlalu luas kamarnya tapi aku suka meja belajarnya karena muat banyak benda.
  2. Ruang Belajar
    • Ruang belajar ada di setiap gedung. Biasanya kalau di kamar kalian engga dapat sinyal wifi, di tempat inilah para pencari wifi berkumpul. Ada AC nya, kalau engga ada AC pasti diganti kipas, kursinya super nyaman. So tipsnya: cari kamar yang dekat dengan Ruang Belajar supaya dapat sinyal WiFi! Untuk twin block, lantai 2 kamar 201-203 dan 215-217! Lantai 3 301-302 dan 315-316! Untuk lantai 4 401 dan 415!
  3. Aula Asrama
    • Aula asrama ini adalah tempat berkumpulnya mereka yang mengerjakan laporan dan tugas lainnya. Boleh untuk non-penghuni asrama, cuman dibatasi oleh jam. Biasanya Bapak Penjaga Asrama akan memperingati bahwa jam sudah menunjukkan pukul setengah 10. Kalau engga segera keluar biasanya kendaraan yang diparkir di parkiran tamu, bannya dikempesin. Dan kendaraan gak bisa masuk di parkiran penghuni kecuali buat penghuni. Bakalan ketahuan kok, karena penghuni nanti punya stiker kendaraan dan Bapak Penjaga engga malas buat ngecekin satu- per satu motor penghuni. Fyi, ini awal-awal doang si, lama-lama juga engga wkwkw
  4. Kantin Asrama
    • Sekarang asrama sudah punya kantin dan minimarket! Untuk makan berat kalian bisa makan di sini kalau mager mau keluar, ada juga stand roti bakar, nasi kuning, pentol jamur, dll. Fyi, semenjak ada kantin dan minimarket, aku jadi jarang berhemat.
  5. Laundry
    • Laundry asrama ini ada di blok H lantai 1. So buat para cowok mesti hati-hati kalau masuk ke gedung H buat laundry baju. Ini gratis antar jemput sebenenrnya. Untuk penghuni Gedung H, siap-siap buat dengerin anak Ibu laundry yang tiap pagi nyanyi-nyanyi teriak lucu gitu ‘-‘
  6. Parkiran Luas dan Aman
    • Dijamin aman! Sekarang parkiran sudah diperluas karena tahun kemarin yang bawa kendaraan banyak banget. Tapi mesti hati-hati ya sama helm!
  7. Shelter sepeda
    • Buat kalian yang engga punya kendaraan sendiri, tenang! Di asrama ada shelter sepeda kampus kok! Kalian bisa pinjam sepeda nya, tinggal nyerahin ktp udah bisa kalian bawa itu sepeda buat ngampus!

INFO LAIN-LAIN dan TIPS!

  1. Namanya Asrama, ada namanya jam malam. Jadi jam 11 malam, portal masuk asrama akan ditutup, jadi buat kalian yang bawa kendaraan bermotor gak bisa masuk. Eits! Tapi biasanya aku ke gazebo asrama, bapak penjaga biasanya disana, aku minta kunci gembok, paling ditanya kenapa kok pulang malam. Waktu tahun pertama paling aku pulang malam alasannya karena pengkaderan. Tapi waktu tahun ke-2 alasan yang paling sering adalah karena rapat organisasi
  2. Buat kalian yang mau paket barang ke Asrama, tinggal tulis aja alamat asrama: Asrama Mahasiswa ITS Blok H-322 (Sesuai blok dan nomor kamar). Kampus ITS Sukolilo. Surabaya 60111. Kalau mau ambil paket tinggal ke pos jaga asrama di depan, nanti tinggal tanya aja “Pak, ada paket buat H-322?”
  3. Berusahalah seakrab mungkin dengan teman sekamarmu! Mungkin ada yang memang sengaja 1 kamar dengan teman SMA nya sendiri, tapi juga ada yang seperti saya dapat teman kamar random, jadi baru tahu teman sekamar sewaktu pindah. Namanya tinggal bersama 1 kamar, privacy pun harus juga saling menghormati, pahami waktu belajar dan istirahat temanmu. Kalau temanmu belajar atau istirahat berusahalah untuk tidak menganggu. Buatlah jadwal piket kamar, kalau pun saat itu jadwal temanmu yang bersih-bersih kamu juga harus bilang ‘permisi ya’ ketika dia bersih-bersih apalagi jongkok-jongkok bersihin kotoran di bawah mejamu! Saling pahami dan mengerti teman kalian! Jangan sampai kejadian berantem atau apapun yang bikin hubungan engga enak. Pernah satu kali temen di asrama berantem, engga tau kamar berapa pokoknya di lantai 3. Berantem sambil teriak-teriak karena udah engga tahan katanya, udah mendem dari awal semester, engga cocok satu sama lain. Jangan sampai seperti itu ya!
  4. Sebenernya asrama hanya diperuntukkan untuk mahasiswa baru, tapi setiap tahun selalu ada pendaftaran perpanjangan asrama dengan syarat mau menjadi pengurus asrama. Jadi pengurus tugasnya engga berat kok, cuma bantu waktu pendaftaran asrama, jadi senior dan contoh yang baik buat adek-adeknya di gedung masing-masing. Kalau ada yang ditanyakan sudah seharusnya membantu karena sudah tahu dan lebih dulu di asrama

Sekian 🙂