8 November: Hei, sekarang aku yang ber-ulang tahun!

Seharusnya ini kutuliskan 2 hari yang lalu, tapi sayangnya kurasa masih ada banyak yang perlu kutuliskan, setidaknya menunggu sampai tanggal 8 benar-benar berlalu.

Memasuki usia yang ke-20 rasanya benar-benar mengkhawatirkan. Banyak hal-hal yang bergelut di dalam pikiran: aku tidak lagi muda, aku tidak lagi seorang remaja, ah rasanya benar-benar harus menjadi sosok yang lebih dan lebih daripada yang sebelumnya.

Rasanya begitu cepat jika dipikir-pikir. Rasanya baru kemarin saja aku merayakan ulang tahun ke-6, ulang tahun ke-14, ulang tahun ke-17. Namun sekarang harus rela banyak menuliskan angka 20.

Dini hari tanggal 8 November kemarin, aku seperti biasa dengan sengaja menunggu tengah malam tiba, pergi berdoa dengan mata yang kupejamkan erat-erat, mengucapkan serangkaian kalimat untuk mengharapkan kebaikan akan terus datang padaku. Seperti, semoga saja aku terus bisa menjadi diri sendiri, semoga saja aku dapat memperbaiki diri sendiri, semoga saja apa yang aku jalani adalah apa yang terbaik untukku, semoga saja aku terus diberi kesabaran dalam menjalankan hidup, semoga, semoga, terus semoga.

20 tahun.

Entah mengapa ternyata aku cukup bahagia, mulai mendapat kejutan sederhana tapi manis dari teman-teman 19-hari-mengajar, ucapan-ucapan dengan wajah penuh senyum dari setiap orang, pesan-pesan penuh do’a, hingga hujan yang menutup hari tanggal 8 November.

Kukira akan ada banyak hal yang kutuliskan, ternyata hanya beberapa paragraf, namun mungkin mampu mewakili seluruh rasa bahagia serta khawatir ini.

 

 

ket: ternyada ada kalanya yang kurasakan tak bisa kutuliskan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s