7 November: Selamat Ulang Tahun Untukmu!

Akhir-akhir ini aku sering membiasakan diri untuk tetap terjaga hingga tengah malam. Entah untuk apa, kebetulan saja ingin melakukan hal seperti itu.

Sebenarnya sejak awal bulan November kemarin aku terus menghitung hari yang berlalu, dalam hati meraung-raung: ‘Kapan tanggal 7 akan datang? Segera lah datang! Kapan tanggal 8 akan muncul? Segera lah datang!’

Dan hari ini datang juga. 7 November 2016, jadi aku hanya ingin mengucapkan: Selamat ulang tahun yang ke-19 untukmu!

Tengah malam ini aku mendo’akanmu, dengan mata yang terpejam dan mengucapkan serangkaian kata yang terlintas di pikiranku. Harapan-harapanku untukmu, semoga kau panjang umur, semoga kau terus diberikan kesehatan, semoga kau menjadi pribadi yang lebih dewasa dan mengagumkan, semoga semua orang yang kau sayangi menyayangimu, dan harapan apapun yang kau inginkan semoga semua terkabul.

Lalu, siapa sangka?

Tiba-tiba petir menyambar bumi terdengar. Lalu hujan turun deras dengan tiba-tiba. Padahal sepekan kemarin cuaca begitu panas luar biasa dan tidak ada tanda-tanda akan turun hujan dini hari ini. Dan mungkin aku menganggap itu sebuah berkah, sebuah pertanda baik di hari ulang tahunmu. Bersyukurlah!

Lalu pikiran ini melayang ke pengandaian: andai saja kau mengenalku dan kita adalah seorang teman. Maka aku akan merasa menjadi seorang yang paling bebahagia karena mampu menjabat tanganmu mengucapkan ‘selamat ulang tahun’ dengan hati yang mengucapkan serangkaian harapan tadi.

Terakhir, selamat ulang tahun! Semoga dirimu selalu bahagia.

Besok adalah ulang tahunku. Dan dirimu tidak mungkin tahu. Tak apa. Toh, sudah sejak dari awal, hanya aku yang tahu hanya aku yang rasa.

Leave a Reply

